Sabtu, 21 Mei 2011

FPKS Kehilangan Politisi Pembela HAM, Yoyoh Yusroh


Jakarta - Meninggalnya anggota DPR dari Fraksi PKS, Yoyoh Yusroh menabur perih di dalam tubuh PKS. Yoyoh yang juga pendiri PKS ini merupakan legislator terbaik di PKS. Banyak peran yang sudah ditanamkan Yoyoh di tubuh PKS.

"Fraksi PKS kehilangan salah seorang legislator terbaiknya, salah seorang tokoh perempuan yang sejak awal ikut mendirikan partai dan berkontribusi besar dalam perkembangan partai," Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (21/5/2011).

Di PKS, Yoyoh, merupakan panutan bagi para kader-kader muda PKS karena kiprahnya sebagai ibu rumah tangga sekaligus legislator perempuan yang aktif menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.


"Ustadzah Yoyoh adalah ibu dari 13 orang anak yang mampu mengelola rumah tangganya dengan baik dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai Legislator," ujarnya.

Selain di PKS, Yoyoh juga aktif sebagai anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Periode 2005-2010 di bidang pemberdayaan perempuan, anak dan lansia. Selain itu, Yoyoh juga mendapatkan penghargaan sebagai Mubaligh Nasional dari Departemen Agama pada Tahun 2001.

Yoyoh lahir di Tangerang 14 November 1962. Yoyoh merupakan Anggota DPR dari daerah pemilihan Banten III (Kota/Kabupaten Tangerang) sejak tahun 1999.

Menurut Mustafa, Yoyoh juga dikenal sebagai politisi yang aktif dalam membela Hak Asasi Manusia di level Internasional. Yoyoh dikenal sebagai legislator yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Yoyoh juga sudah pernah menembus blokade Israel di Gaza dan melihat langsung kondisi masyarakat Palestina di sana.

"Kiprah Ibu Yoyoh tidak hanya diakui di Indonesia, tapi juga di level Internasional. Ini bukan hanya kehilangan besar bagi PKS, tapi juga bagi Indonesia dan juga para pejuang HAM di seluruh dunia," ungkapnya.

Selain itu sejumlah penghargaan atas kontribusi internasional pun pernah diterimanya, seperti International Muslim Women Union (IMWU) pada tahun 2000 dan 2003.

"Rencananya, jenazah Almarhumah Yoyoh Yusroh akan disalatkan di Komplek DPR di Kalibata pukul 12.00 WIB dan kemudian akan dimakamkan di Tangerang," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar